Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Rock-Blues Barat Pilihan Era tahun 80-an

Musik 80-an sepertinya ibarat mata air yang tak pernah habis tuk digali. Menyinggung soal  lagu-lagu  'blues'- walau tidak banyak yang saya ketahui- namun saya ingat terdapat beberapa nama  yang mengeluarkan album disepanjang tahun 80-an. Seperti :  Gary Moore, Robert Cray, Stevie Ray Vaughan & Double Trouble dan juga Eric Clapton termasuk BB King, hingga kemudian dipenghunjung tahun muncul The Jeff Healey Band dan  Colin James.  10 Lagu Rock-Blues Barat Pilihan Era tahun 80-an berikut ini, tidak murni semuanya lagu-lagu blues yang dianggap 'totok',  namun daftar lagu-lagu yang saya interpretasikan masuk kedalam kategori rock-blues dari 80-an, juga sekaligus merupakan lagu nostalgia buat saya :

1. Walk Of Life  - Dire Straits  
Ingat lagu-lagu Dire Straits, pastinya sulit tuk melupakan salah satu tembang cadasnya dari akhir tahun 70-an yang berjudul Sultans of Swing. Ditahun 1985 mereka mengeluarkan album Brothers in Arms, yang kemudian mencetak hits Money for Nothing di posisi top Billboard Hot 100. Selain Money For Nothing  adalah hits Walk of Life,  walau tidak sempai mencapi  puncak Billboard Hot 100,  tapi Walk of Life bisa  menembus top 10 Hot 100 ini. Walk of Life lagu yang menurut saya khas skali,  Dire Straits punya, sentuhan rock&roll.

2. People Get Ready - Jeff Beck & Rod Stewart 
"People Get Ready" adalah lagu lawas dari band Soul&R&Bhe the Impressions dari tahun 1961. Dan lagu ini pertama kali saya dengar lewat cover dari Jeff Beck & Rod Stewart  pada kaset 'new entry' versi Aquarius sekitar tahun 1985.

©koleksi bon4lbum

3. Pride and Joy - Stevie Ray Vaughan & Double Trouble  
Pride and Joy  berasal dari album Texas Flood tahun 1983, album pertama Stevie Ray Vaughan bersama  band Double Trouble. Bagi para penggemar gitar  blues, nama Stevie sangat berpengaruh sekali,  dan mungkin, terutama awal tahun 90-an saat Stevie menginterpretasikan klasik-blues The Sky Is Crying  dan  Little Wing  milik Jimi Hendrix.

4. You Got It - Roy Orbison  
 Apa yang saya rasa dulu pertama mendengar lagu ini di akhir 80-an?,  vocal Roy Orbison terasa pilu, namun lagu tersebut memunculkan perasaan romantik. Lagu ini diciptakan oleh Roy bersama Tom Petty dan Jeff Lynne.  Roy Orbison - nama yang  terbiasa dikenang lewal lagu Oh Pretty Woman ini - wafat di penghujung tahun 1988, tahun sebelum You Got It diterbitkan.

5. Got My Mind Set On You - George Harrison 
Jika saya mengingat lagu The Beatles 'Something' dan 'While My Guitar Gently Weeps' rasanya sulit tuk menghindar dari image  George Harrison, terutama sekali kepada melodi gitar kedua lagu tersebut. Dan sekitar akhir tahun 1987, tiba-tiba nama George Harisson bersinar kembali. Lagunya Got My Mind Set On You menembus posisi puncak US Billboard Hot 100, walaupun lagu tersebut adalah cover dari James Jay Raymond sekitar tahun 60-an.

6. Confidence Man - The Jeff Healey Band 
Ini adalah hits pertama the Jeff Healey Band yang saya kenal dari tahun 80-an.  Jeff Healey berasal dari Kanada, sosok yang dikenal karena  cara memainkan gitar dengan posisi flat, diatas pangkuan. Dan lagu Confidence Man berada pada album The Jeff Healey Band ditahun 1988 bertitle - See the Light

7. Knock on Wood  - Eric Clapton 
Dari sekian banyak musisi blues ternama didunia ini, mungkin saja Eric Clapton adalah nama yang mungkin paling mudah untuk diingat orang. Lagu 'Knock on Wood'  merupakan cover  dari Eddie Floyd  di tahun 60-an dan berada pada album Clapton - Behind the Sun - ditahun 1985. Di album tersebut Eric Clapton berkolaborasi dengan Phil Collins;  termasuk salah satunya adalah mengisi backing vocal pada Knock on Wood.

8. Why'd You Lie - Colin James  
Saat membaca namanya dulu, saya mengira sosok vocalis Men At Work? Ternyata salah.  Colin James adalah penyanyi rock-blues asal Kanada. dan lagu Why'd You Lie  itu sendiri  beredar sekitar tahun 1988 - 1989.

9. When Love Comes to Town - U2 (feat : BB King)  
Masih sekitar 1988-1989, dari album Rattle and Hum milik U2, When Love Comes to Town terdengar sangat ngeblues banget, dengan ciri khas gitar BB King.  Dan  saya selalu beranggapan bahwa  'Rattle and Hum' adalah salah satu album rock terbaik sepanjang tahun 80-an.

10. Handle With Care - The Traveling Wilburys
Traveling Wilburys dianggap sebagai band 'supergroup'. Liat saja nama-nama penyanyi pendudukung band ini :  Roy Orbison,  Bob Dylan, George Harrison, Jeff Lynne dan Tom Petty. Band tersebut dibentuk tahun 1988 dengan debut albumThe Traveling Wilburys Vol. 1 . Lagu Handle With Care adalah lagu awal yang mempopulerkan band ini. Lagu yang sepintas mirip-mirip dengan style Tom Petty ini, diisi oleh vocal George Harrison dan Roy Orbison.

©bona2017/image-artikel:bona  
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).