Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

Lagu - Lagu Jazz Apik Versi bon4lbum part-1

Apakah anda menyukai lagu-lagu jazz? Bicara soal jazz, model lagu jazz seperti apa yang anda suka? Jika saya baca tentang jazz lewat wikipedia bukan main  panjang paparan yang disajikan, dan jujur itu bisa membuat kepala saya pusing tujuh keliling, apalagi  (mungkin) itu belum termasuk wilayah jazz yang underground - yang bunyi dan instrumennya belum  familiar ditelinga - seperti yang pernah dikatakan pianis Idang Rasjidi di sebuah 'program-acara-TV' dimasa silam. Dan saya-pun sesungguhnya bukanlah penggemar jazz yang  sejati atau fanatik. Hanya saja memang buat saya sebuah karya musik (atau lagu) entah itu dari jenis keroncong, pop, rock, disco dan lain sebagainya termasuk jazz itu sendiri seperti punya daya magis bila mana mendengarnya langsung melambungkan perasaan kita ke awang-awang. Seperti itulah yang saya  rasakan pada lagu-lagu (jazz) favorite yang saya pilih dibawah ini. Semoga saja selera anda cocok dengan saya...salam musik jazz!

Foundation & Empire - Level 42
Setahu saya lagu Foundation & Empire tidak akan kita temukan di album-album studio level 42 sebelumnya mulai dari 1981 hingga 1984. lagu ini muncul dari album live level 42 - A Physical Presence - di tahun 1985,  sebuah album yang direkam dari beberapa tempat di england dan menjadi album live yang pertama buat mereka. Lagu yang berdurasi sekitar 8 menit ini, bagi saya sangat asyik sekali, penuh warna (rock-fussion-folk-funk) seperti kita dibawa mengembara kemana-mana yang kemudian diakhiri dengan melodi solo gitar Boon Gould yang sangat apik dan brilliant. Versi live dari lagu ini dari tempat dan tahun yang berbeda banyak beredar di youtube dengan sang gitaris Boon Gould ataupun dengan gitaris 'pengganti', namun bagi saya tetap permainan solo Boon Gould versi 'album A Physical Presence-85' yang paling mengena dihati.

Secret Message - Casiopea
Secret Message adalah lagu yang berasal dari album Flowers di tahun 1996. jujur saja terakhir kali saya mendengarkan lagu-lagu Casiopea adalah di pertengahan tahun 80-an. dan sekitar awal tahun 2000-an saya tidak menyangka band Jazz fusion asal jepang ini masih eksis dan telah mengeluarkan banyak album. Salah satu lagu andalan saya dari album Flowers adalah Secret Message, lagu dengan komposisi melodi gitar-nya yang menurut saya sangat 'klasik' sekali, layaknya menyaksikan bunga-bunga yang sedang mekar.

©koleksi bon4lbum

Manhattan-Vince Giordano & The Nighthawks
Jika anda pernah menonton sebuah film drama-romantis berjudul Café Society produk tahun 2016, maka  Manhattan adalah  salah satu lagu sountrack dari film tersebut. Manhattan  sebenarnya adalah lagu populer bergaya jazzy diciptakan oleh  Richard Rodgers sekitar tahun 1920-an dan lagu ini sering dibawakan oleh beberapa orchestra atau para penyaynyi  jazz ternama masa lalu seperti Ella Fitzgerald, Oscar Peterson ataupun Dinah Washington. sedangkan pada versi Café Society 2016 dibawakan oleh multi-instrumentalist Vince Giordano asal New-york  bersama orchestranya Nighthawks . Tampil dengan style  Vince Giordano dengan early jazznya, lagu ini sangat memukau sekali dan menurut saya cocok sekali dengan tema film Cafe socierty. Andai anda saksikan scene-scene akhir dari film tersebut - ( terutama suasana malam tahun baru dengan adegan tatapan jauh dari tokoh cerita  booby dan voonie) - lagu Manhattan secara sayup-sayup muncul, menjadi backgroud dengan tempo sedang dan lembut serta romantis, seperti memperlihatkan sebuah kehidupan cinta yang penuh prahara dan liku-likunya.
 
The Road to You - Pat Matheny Group
Ini adalah lagu milik Pat Metheny; berasal dari album tahun 1993 Pat Matheny Group  dengan nama title yang sama The Road to You, yang merupakan album versi live dari beberapa kota di eropa  Italy dan Perancis. Lagu The road to You adalah  solo guitar Pat Matheny dengan style jazz-nya yang khas - bak seperti tradisi gitar klasik yang serius penuh kehati-hatian- nada-nadanya diawal sangat lembut dan sejuk sekali hingga  tanpa terasa membawa kita ke fase akhir penuh  emosional. Mendengarkannya, sepeti kita serasa berhadapan langsung dengan sosok Pat yang sedang bermain.
 
Almost Blue - Chet Baker
Almost Blue lagu ciptaaan Elvis Costello , yang muncul di album Imperial Bedroom - Elvis Costello and the Attractions - di tahun 1982. Sekitar tahun 87-an Chet mengcover lagu ini pada sebuah konser di Tokyo-Jepang dan menjadi bagian dari album live  "Chet Baker In Tokyo".  tidak sampai disitu saja, Almost Blue juga dipakai untuk soundtrack film dokumenter  Let's Get Lost : sebuah film  yang direlease akhir 1988 tentang perjalan karir dan kehidupan Chet sendiri. Dan sulit rasanya mengekspresikan dengan kata-kata nuansa  jazz trumpet baker di lagu ini, romantiskah? atau mengandung kesedihan? dan sekitar Mei tahun 1988 Chet pergi meninggalkan dunia ini tuk selama-lamanya.


©bona/2016/
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).