Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Rock Barat Cadas Penyanyi Wanita era Tahun 70-an

Bosan - jenuh dengan lagu-lagu sekarang? Tidak ada salahnya jika anda mencoba bernostalgia dengan lagu-lagu lama. Dan itu lah yang pernah saya lakukan, mencoba mengumpulkan dan membuat daftar, menjadikannya 10 lagu-lagu barat khusus dari era 70-an yang memang kenyataan-nya tidak pernah bosan untuk saya dengar kembali. Dan dengan bantuan tehnologi lagu-lagu jadi siap tuk didengar kapan saja. dan 'daftar' menjadi sesuatu yang spesial mengingat lagu-lagu dipilih bertema rock dengan para penyanyi atau vokalis adalah semua wanita, mulai dari style Janis Joplin, Suzi Quatro hingga Blondie dan Siouxsie and the Banshees. Berikut dibawah adalah 10 daftar lagu rock barat vokalis (musisi) wanita dari era tahun 70-an, dan semua lagu yang dipilih tentunya sesuai dengan selera pribadi : 

1. Breakdown - Suzi Quatro 
Suzi Quatro bisa dibilang salah satu simbol atau icon Rocker wanita tahun 70-an. Penyanyi yang lebih populer dengan lagu ballad  'Cat Size'  ini merelease album di tahun 1978 bertitle If You Knew Suzi... . Dari album tersebut, Breakdown merupakan lagu cover milk  Tom Petty and the Heartbreaker dari tahu 1974.  Dan suzi membawakan lagu ini ngerock habis' ; tune gitar, bas, drum dan gaya vocalnya benar-benar membuat hati ini breakdown.

2. Summertime - Janis Joplin (Big Brother and the Holding Company)
Siapa tidak kenal Janis Joplin ?  'Summertime' adalah salah satu  lagu dari koleksi cover Janis dengan interpretasi yang sangat memukau, ngeblues  plus serak vocal. Mendengar  lagu dari tahun 1968-an ini,  ibarat musik rock yang tidak pernah mati.

photo Janis Joplin ©bonafp/koleksi CD pribadi

3. Devil Delight  - Ann Wilson &  Nancy Wilson (Heart)
Entah mengapa Lagu ini saya rasakan bernuansa  'Led Zeppelin', ngerock dan klasik banget. Lagu ini muncul sekitar 1977-1978 awal-awal tahun Heart mulai menerbitkan album. Di tahun 80-an band ini semakin terkenal, apa lagi setelah lagu Alone ngepop dimana-mana dan  Ann  &  Nancy Wilson tetap tampil konsisten membawa Heart hingga tahun 2000-an. Namun bagi saya pribadi selalu beranggapan bahwa akar rock sejati mereka tetap berada di tahun 70-an.

4. So You Want to Be (A Rock 'N' Roll Star) - Patti Smith  (Patti Smith Group) 
So You Want to Be a Rock 'n' Roll Star adalah lagu The Byrds dari tahun 60-an. Dan siapa menyangka lagu bergaya '60-an'  tersebut seperti berubah wajah mana kala di bawakan oleh Patti Smith (Group ) di album Wave 1979. Lagu ini yang  bagi saya sepintas mirip gaya Rebel-Rebel David Bowie'  ataupun Light My Fire -The Doors, sangat energik dan  'nge-punk'

5. James And The Cold Gun - Kate Bush 
James And The Cold Gun adalah yang mungkin satu pengecualian dari  lagu lagu Kate-Bush yang kebanyakan bergaya british-art-rock ataupun new wave. Lagu rock&roll  ini berada pada debut album Kate Bush - The Kick Inside - di tahun 1978. dengan karakter vocal kate bush yang unik dan khas dan terlebih lagu ini diciptakan sendiri olehnya.

6. American Nights -  The Runaways 
Menyebut nama Joan Jett atau  Lita Ford ataupun Cherie Currie adalah tiga nama populer yang berasal dari band Rock wanita The Runaways. sedangkan American Nights berasal dari album perdana mereka yang juga bernama The Runaways 1976. Lagu yang diisi oleh vocal Cherie Currie ini, tampil dengan nuansa  glam-rock, membuatnya sampai sekarang tetap asyik untuk dinikmati.

7. The Hardest Part -  Debbie Harry (Blondie)
Dari sekian banyak lagu Blondie, The Hardest Part adalah  salah satu yang menjadi favorite. Lagu ini beredar dipenghujung  tahun 70-an. Dan bagi saya lagu ini terasa ngerock-funk dan melodi gitarnya sedikit ngeblues.

8. Switch - Siouxsie Sioux (Siouxsie and the Banshees) 
Switch berasal dari album perdana Siouxsie and the Banshees - The Scream- di tahun 1978. beberapa nada yang terdengar sepintas membuat saya ingat dengan Joy Division. Pastinya lagu ini post-punk banget bercampur dengan vocal Siouxsie Sioux yang suram.

9. Law Man -  Grace Slick ( Jefferson Airplane )
Nama Vocalis Grace Slick pastinya adalah yang sulit bisa dipisahkan dari era Psychedelic-rock Jefferson Airplane 70-an hingga ke masa pop-rock Starship di tahun 80-an. sedangkan Law Man adalah lagu Jefferson Airplane dari album Bark di tahun 1971, satu satunya  lagu dari album tersebut yang menurut saya enak didengar; seperti bernafas soul & blues, dan sepintas mengingatkan saya pada lagu Titik Hamzah di tahun 1982 yang berjudul Siksa.

10. Heartbreaker - Pat Benatar 
ini adalah lagu yang menurut saya bercorak hardrock 80-an. Heartbreaker menjadi lagu andalan Pat di album perdananya  In the Heat of the Night di tahun 1979, yang sesungguhnya merupakan cover dari 'British rock singer Jenny Darren' ditahun 1978.

©bona/2015-1017/image-artikel : bona
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).