Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Barat Apik Duet Vocal Wanita & Pria era Tahun 80-an

Soal  lagu-lagu duet dari penyanyi wanita & pria era tahun 80-an, duet lagu apa yang paling dikenal orang diera tahun-tahun tersebut?? kalau boleh mengira-ngira, mungkin adalah lagu Endless Love, sebuah lagu slow romatik duet Lionel Richie dan  Diana Ross di awal tahun 80-an. Jika dari era new wave bisa jadi Happy Ending - Joe Jackson & Elaine Caswell adalah yang banyak diingat orang. Tentunya banyak sekali  lagu-lagu duet Vocal Wanita-Pria bermunculan sepanjang tahun-tahun tersebut. Namun daftar '10 Lagu Barat '   ini adalah dari ragam aliran musik, dan para penyanyinya sebagian besar dilabelkan kedalam wilayah 'rock'. Berikut dibawah ini ke sepuluh lagu-lagu tersebut :

1. Up Where We Belong -  Joe Cocker &  Jennifer Warnes  
Lagu ini ditujukan untuk film An Officer and a Gentleman yang dibintangi oleh Richard Gere & Debra Winger tahun 82. Diluar soal-soal film, Up Where We Belong  menjadi lagu pertama buat Joe Cocker &  Jennifer Warnes  yang berhasil menembus posisi 1 di chart US Billboard Hot 100. Joe Cocker penyanyi kawakan dikenal dengan suara yang brilliant, merupakan penyanyi  yang lama  malang melintang di dunia musik mulai dari era Woodstock 60-an, kemudian tribut The Beatlesnya 'With a Little Help from My Friends', lalu hit cover milik  Billy Preston 'You Are So Beautiful'  era 70-an, hingga gebrakannya di akhir 90-an lewat lagu When the Night Comes. Seperti halnya  'Cooker', Jennifer Warnes lebih dikenal dengan pop-countrynya di era 70-an, lalu  kemudian di tahun 80-an namanya melejit  bersama Cocker dan Bill Medley. Dan di awal 90-an nama Jennifer Warnes sesaat mencuat kembali saat dia mengcover  lagu milik Scottish-Irish rock band The Waterboys yang berjudul The Whole of the Moon.

2. Here We'll Stay -  Frida & Phil Collins 
Frida atau Anni-Frid Lyngstad, lebih dikenal dan populer sebagai 'ABBA'  ketimbang solo karirnya, dan lagu Here We'll Stay adalah  lagu yang  berasal dari  album solo-nya  -Something's Going On -  di tahun 1982, album yang juga ditukangi oleh Phil Collins sang vocalis & drummer Genesis. Phil sendiri - disepanjang tahun 80-an -   tercatat  'rajin'  mengeluarkan album, baik solo ataupun bersama Genesis. Selain dengan Frida, ditahun 80-an Phil juga pernah berduet dengan Marilyn Martin, mantan EW&F : Philip Bailey serta  dedengkot Synthpop : Howard Jones. Duet Phil dengen ke tiga nama tersebut terbilang 'sukses', rata-rata menembus Top 5 chart US Billboard Hot 100.

3. Don't Give Up  - Peter Gabriel & Kate Bush 
Lagu ini terinspirasi oleh Karya foto milik Dorothea Lange  yang menggambar 'potret'  era depresi-ekonomi di Amerika sepanjang tahun 1930-an. Don't Give Up ada di album Peter Gabriel  - So- tahun 1986, album yang juga melahirkan hits  Gabriel terkenal : Sledgehammer dan Big Time. Gabriel yang juga mantan Genesis yang model lagu-lagunya jauh berbeda dengan Phil Collins pas sekali berduet dengan Kate Bush yang eksentrik, meskipun Don't Give Up  cuma mampu menempati urutan 72 US Billboard Hot 100.

4. Close My Eyes Forever -  Lita Ford & Ozzy Osbourne 
buat para penggemar rock-metal, pastinya kedua nama diatas bukanlah sesuatu yang asing. Kedua nama tersebut berkibar di era 70-an lewat bendera  The Runaways dan  Black Sabbath. Close My Eyes Forever ditulis oleh Lita dan Ozzy, dan termuat di album solo Lita yang ketiga bertitle - Lita - tahun 1988. Lagu yang bergaya ballad; slow-glam-metal ini ternyata mampu menembus Top 10 US Billboard Hot 100 chart.

5. Code of Silence  - Billy Joel  & Cyndi Lauper
salah satu track dari album Billy Joel -The Bridge- tahun 1986, dan Cyndi cuma sebatas backing  vocal di lagu ini, namun buat saya justru suara cyndi yang khas menjadikan Code of Silence cadas tuk didengar. Setelah 'Code of Silence', gantian Billy Joel yang menjadi backing vocal di album Cyndi  - True Colors - 1986 di lagu Maybe He'll Know.

6. Happy Ending - Joe Jackson & Elaine Caswell  
tidak ada yang saya ketahui tentang Elaine Caswell, selain memang duetnya di lagu Happy Ending  bersama Joe Jackson  tahun 1984, dan itu tercatat pada album Joe - Body & Soul. Biarpun begitu, lagu ini sampai sekarang tetap memukau buat saya, selalu membawa nostalgia ke jaman new wave dulu.

©koleksi bon4lbum

7. What Have I Done To Deserve This? - Pet Shop Boys & Dusty Springfield  
Lagu apa yang asyik didengar daulu dari Pet Shop Boys?  West End Girls? It's A Sin? Atau mungkin anda suka Domino Dancing-nya? Pet Shop Boys adalah salah satu band yang ngetop di era 'Synthpop' pertengahan 80-an. Di album Actually tahun 1987 tepatnya pada lagu What Have I Done To Deserve This ? mereka berduet dengan Dusty Springfield dan lagu tersebut  ternyata menembus posisi 2 di chart US Billboard Hot 100.  Dusty Springfield adalah penyanyi kawakan, topnya dia sebagai penyanyi tidak tanggung-tanggung  dimulai sejak saat  The Beatles mulai tenar. Salah satu lagu 'legend'-nya yang terkenal romantis adalah You Don't Have to Say You Love Me tahun 1966, lagu yang banyak dicover oleh para penyanyi ternama dimasa-masa lampau.

8. Everything You Do (You're Sexing Me) -  Fiona & Kip Winger
Tidak disangka? Lagu Apik yang bergaya 'winger' ini ternyata tidak masuk dalam daftar Billboard Top 100.  walaupun lagu tersebut muncul di era kejayaan hard-rock. Fiona - rocker cewe asal Amerika yang jarang terdengar selain memang pernah membintangi film drama musical karya Bob Dylan Hearts of Fire di tahun 1987.  Everything You Do (You're Sexing Me) adalah bagian dari album Fiona Heart Like a Gun tahun 1989 dan duetnya bersama bassist & vocalis Winger - Kip Winger

9. (I've Had) The Time of My Life -  Bill Medley & Jennifer Warnes 
(I've Had) The Time of My Life adalah soundtrack untuk film Dirty Dancing yang dibintangi Patrick Swayze and Jennifer Grey tahun 1987. Selain menjadi no 1  di US Billboard Hot 100, lagu ini memenangi  penghargaan 'Best Pop Performance by a Duo' di ajang Grammy Awards 1988. dengan begitu, (I've Had) The Time of My Life menjadi lagu duet Jennifer ke-2 tersukses' setelah Up Where We Belong bersama  Joe Cocker. Kali ini Jennifer duet bersama Bill Medley, penyanyi asal band tempo dulu - The Righteous Brothers -, band yang dua kali melambungkan lagu (cover) tahun 50-an - Unchained Melody-  di dua generasi berbeda : tahun 1965 dan di tahun 1990 bersama film box office populer  - Ghost.

10. It's Only Love -   Bryan Adams & Tina Turner 
It's Only Love  yang rada nge-rock-blues, berasal dari album Reckless Bryan Adams 1985,  dan sekitar January 1986 mencapai posisi 15 Billboard Top 100.  dan ditahun 1986  juga Video Klip  It's Only Love mendapatkan penghargaan 'Best Stage Performance in a Video'  oleh MTV Awards, sebuah video klip yang direkam dari konser Tina Turner Private Dancer 1985, skaligus  menampilkan Bryan Adams dilagu tersebut.

©bona-2017/image-artikel:bona/data-chart : wikipedia & artikel 80-an
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).