Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Barat Cadas Duet Vocal Pria era Tahun 80-an

Postingan ini masih sekitar lagu-lagu duet barat era tahun 80-an. Setelah 10 Lagu Barat Apik Duet Vocal Wanita & Pria era Tahun 80-an,  kali ini adalah  Duet Vocal Pria era Tahun 80-an dengan duet antara sesama penyanyi pria atau semacam kolaborasi. Duet pria mana kira-kira yang paling populer di era 80-an? Jika saya tengok kebelakang beberapa hits duet penyanyai pria dimasa itu yang mungkin -saya tebak- paling diingat orang adalah : Michael Jackson & Paul McCartney 'The Girl is Mine' atau Michael Jackson & Mick Jagger  dengan State of Shocks atau bisa saja Mick Jagger & David Bowie yang mengcover ulang lagu Martha and the Vandellas-1964 - Dancing in the Street. Dan tanpa bermaksud meremehkan? dari sekian banyak lagu-lagu duet pria di tahun 80-an, yang saya pilih adalah memang yang menjadi  kesukaan dan fovorite pribadi saja, lagu-lagu yang memang masih enak dan asyik tuk saya dengar kembali dimasa sekarang. Berikut dibawah ini adalah list lagu-lagu tersebut :

1. Rock 'n' Roll Mercenaries - Meat Loaf & John Parr 
Sebuah lagu yang berasal dari sekitar tahun 86-an, yang juga salah satu track dari album Meat Loaf - Blind Before I Stop. Meat Loaf adalah  penyanyi yang terkenal dengan trilogy seri I,II & III album  Bat Out of Hell-nya . Sedangkan John Parr - rocker asal Inggris - terkenal dengan lagu sountracknya  'St. Elmo's Fire'  di tahun 1985. dan  duet  lagu mereka  ini  ternyata hanya bisa menembus urutan 31 di  UK Singles Chart.

2. Under Pressure - Queen  & David Bowie 
Lagu cadas ini jadi jawara di UK Singles Chart  dan mencapai posisi  29  di US Billboard Hot 100 sekitar  tahun 1981. Under Pressure juga merupakan lagu andalan Queen untuk album Hot Space yang terbit tahun 1982, sebuah album dengan cover yang  khas dimasa itu dengan warna-warni dan image wajah para personel Queen bergaya 'photoshop'.  Namun pastinya tidak akan pernah lagi tercipta duet kedua legend tersebut (rest in peace Freddie & Bowie...)

©koleksi bon4lbum

3.
Good Times  -  INXS & Jimmy Barnes 

Ini mungkin salah satu duet cadas rockers asal Australia tahun 80-an:  INXS & Jimmy Barnes.  Good Times cover dari tahun 60-an milik rock band asal sidney The Easybeats dan juga jadi salah satu sountrack film comedi -horor The Lost Boys is a 1987. Walaupun INXS sukses dengan album Kick di tahun 1987, tapi duet mereka dengan Jimmy Barnes ini hanya mampu menempati urutan 47 di  U.S. Billboard Hot 100.

4. Baby Grand - Billy Joel & Ray Charles 
Baby Grand  berada pada album Billy Joel - The Bridge  tahun 1986. Beberapa nama yang 'terlibat' di album tersebut diantaranya adalah Cyndi Lauper, Steve Winwood dan  Ray Charles  yang mengisi piano dan duet vocal di lagu Baby Grand. Namun sangat disayangkan? Lagu yang mantap ini bisa-bisanya mentok di urutan 75 Billboard Hot 100.

5. Don't Fight It - Kenny Loggins  & Steve Perry 
Duet yang sangat klasik banget  dari 2 vocalis yang mempunyai suara  khas dan apik, Kenny Loggins dan dedengkot Journey :  Steve Perry. Lagu ini berada pada posisi 17 di Billboard Hot 100 dan termasuk di album solo Kenny ke-empat - High Adventure - 1982

6. The Promise -  Arcadia & Sting  
Anda mungkin masih ingat? Dipertengahan 80-an, Duran Duran 'terbelah' menjadi dua? Dari situ Andy dan John bergabung bersama Robert  Palmer &  Tony Thompson dengan nama  The Power Station, sedangkan Nick, Roger dan Simon menjadi trio yang dikenal dengan Arcadia. Sekitar  tahun 1985 Arcadia mngeluarkan  sebuah album yang berjudul So Red the Rose, yang merupakan satu-satunya album yang dimiliki Arcadia. Salah satu track cadas  di album  tersebut -The Promise - berisi backing vocal suara mantan The Police, Sting. Walaupun sekedar backing, namun suara Sting yang khas diantara 'Simon' sangat menghanyutkan.  Asyiknya lagi David Gilmour juga ikut terlibat, pada gitar The Promise.

7. Easy Lover -  Philip Bailey & Phil Collins  
Dalam urusan vocal Philip Bailey sepertinya tak perlu diragukan lagi. Mungkin anda masih ingat, salah satu  yang memukau adalah ' I'll Write A Song For You'  saat dia bersama Earth, Wind And Fire era 70-an. Sekitar tahun 1985 Philip Bailey tampil bersama Phil Collins dengan lagu  Easy Lover. Meskipun lagu tersebut bercorak  ngerock namun tetap saja   'falsetto' -nya cadas luar biasa dan rasanya  tak pernah bosan tuk menikmatinya. Easy Lover terbilang 'sukses', menjadi no 1 di UK Singles Chart dan posisi 2 di Billboard Hot 100.

8. Tell Me I'm Not Dreamin - Jermaine & Michael Jackson 
Salah satu duet cadas di era new-wave 84 adalah : Tell Me I'm Not Dreamin  Lagu ini menempati posisi No. 1 di  Billboard Hot Dance Club Play. Kemudian di tahun 1985 menjadi nominasi Grammy Awards untuk kategori  'Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals'. Di tahun 1988 Robert Palmer mengcover lagu ini dibantu oleh penyanyi backing ternama B.J. Nelson.

9. Ebony and Ivory - Paul McCartney &  Stevie Wonder 
Kool & peace... mungkin ungkapan yang mengena tuk Paul McCartney &  Stevie Wonder. Dan lagu ini menjadi jawara UK Singles Chart dan US Billboard Hot 100 di tahun 1982.

10. This Old Heart Of Mine - Rod Stewart & Ronald Isley
Ini merupakan versi 1989, berasal dari lagu cover milik The Isley Brothers dari tahun 1966, dan Rod Stewart sempat pula mengcover lagu ini di tahun 1975 di album Atlantic Crossing, sedangkan  Ronald Isley sendiri adalah vocalis dari The Isley Brothers. Dengan begitu Rod & Ronald menjadi 2 kali membawakan lagu This Old Heart Of Mine.

©bona-2017/image-artikel:bona/data-chart : wikipedia & artikel 80-an 
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).