Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Rock Barat 80-an yang Asyik dibuat nge-Dance

Di tahun 80-an, banyak para musisi dari tahun 70-an yang 'pakem'nya telah dikenali, namun di tahun 80-an tampil dengan beberapa lagu dengan warna berbeda, seperti misalnya lagu : Love Kills -  Freddie Mercury (Queen), Boys Do Fall In Love - Robin Gibb, No Lookin' Back  Michael McDonald (The Doobie Brothers) atau  Owner of a Lonely Heart - Yes, dan beberapa yang lainnya. Bicara tentang wilayah 'rock' -   memang tidak selalu harus kita hubungkan dengan lantang vocal ataupun permainan gitar dengan melodi yang 'cadas'  mulai dari fret ujung sampai depan disikat habis. Namun pada sudut tertentu 'rock' juga menampilkan sisi 'catchy'-nya; ada unsur dance di dalamnya, yang terkadang seperti kita tak kuasa  untuk tidak menggoyangkan kaki manakala mendengar beatnya. Dari sekian banyak 'lagu-lagu'  di tahun 80-an, saya memilih 10 Lagu Rock Barat 80-an yang Asyik dibuat nge-Dance, tentunya yang saya pilih sesuai dengan selera dan sudut pandang pribadi. Silahkan anda lihat dibawah ini.

1. Kiss - Prince &The Revolution  
Prince tak hanya dikenal sebagai  multi-instrumentalist, namun juga musisi yang dikenal memakai banyak unsur genre dalam musiknya. Kiss - walau 'dimata'  saya seperti setengah turunan dengan Raspberry Beret, namum kiss lebih emosional, terutama gitar dan lantunan vocal diakhir-akhir lagu.
Kiss muncul di tahun 1986, berada pada album Parade, sewaktu Prince  masih menggandeng nama The revolution

©koleksi bon4lbum

2. State of Shock - Michael Jackson and Mick Jagger 
Mungkin kedua sosok dua nama "MJ"  diatas paling banyak penggemarnya di ear 80-an, atau mungkin sampai sekarang? State of Shock - single yang muncul di tahun 1984 - sepertinya cocok banget dengan Michael yang selalu dengan beat atau rhythm yang lumayan statis, seperti halnya lagu Black & White (feat: slash) yang mucul sekitar awal tahun 90-an.

3. Headline News - Prima Volta  
tidak ada cerita tentang band Prima Volta yang benar-benar saya ketahui, satu-satunya yang saya tahu tentang band ini bahwa mereka berasal dari Netherlands.
Lagu ini pun pertama saya dengar hanya lewat kaset kompilasi tahun 85-an bermerek Atlantic Record. Lagu ini beraroma new-wave, suara gitar, bass dan beatnya pas banget tuk menghentakkan kaki.

4. Shake For The Sheik - The Escape Club
Saya dulu tidak familiar dengan The Escape Club, namun entah mengapa saya terpancing juga tuk membeli albumnya yang berjudul Wild Wild West di tahun 1988. dan Shake For The Sheik yang lumayan ngerock-dance ini  berasal dari album tersebut.

5. Funkytown - Pseudo Echo 
Nama Pseudo Echo lumayan populer dipertengahan 80-an. Funkytown (1985-1987) adalah salah satunya yang membuat mereka terkenal. Merupakan lagu cover milik band disco Lipps Inc di awal tahun 80-an. Walau tidak begitu jauh dengan versi aslinya, namun efek gitar rock pada Pseudo Echo lebih nyata , ngerock disertai melodi gitar ditengah lagu.

6. She Drives Me Crazy - Fine Young Cannibals 
Mungkin sebagian orang belum lagi lupa intro awal She Drives Me Crazy, memancing  untuk bergoyang? Ini adalah lagu  yang ngetrend disaat tahun 80-an mau ditutup. Berasal dari album ke dua Fine Young Cannibals -  The Raw & the Cooked - 1989

7. The Look - Roxette 
The Look muncul sekitar 1988 , ini adalah lagu Roxette pertama yang diputar di radio swasta dulu di Jakarta. Jika saya ingat roxette maka 'The Look'-lah yang muncul dibenak saya. lagu ini  buat saya sangat berkarakter sekali, perpaduan vocal Per & Marie ngerock & sexy.

8. Infatuation - Rod Stewart - 1984
Ohoo! jangan salah yang ini bukan Maroon 5, tapi  yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi, musiknya selalu mewakili perasaan 80-an, berasal dari album Rod Stewart di tahun 1984 yang bernama Camouflage.

9. Dancing In The Street - Van Halen
Dancing in the street lagu yang berasal dari tahun 60-an, yang dicover oleh Van Halen semasa - David Lee Roth di tahun 82.  Beberapa band rock lain yang saya tahu membawakan lagu ini  adalah The Kinks  serta Mick Jagger & David Bowie di pertengahan tahun 80-an

10. Eyes Without a Face - Billy Idol
Walaupun dikenali lebih kepada punk-rock, namun lagu-lagu Billy kebanyakan punya sentuhan 'dance'. Salah satunya adalah Eyes Without a Face, dari album Rebel Yell sekitar tahun 1984. Lagu yang  sangat brilliant buat saya, dengan sayup backing vocal suara wanita Perri Lister yang bernyanyi dengan bahasa perancis "Les yeux sans visage" plus melodi  'dance-rock' sang gitaris Steve Stevens.

©oleh bonafp/2017/image-artikel : bona purba

Post a Comment for "10 Lagu Rock Barat 80-an yang Asyik dibuat nge-Dance"

Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).