Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

Tembang Apik barat tahun 80-an berlatar Band-Band Progressive-Rock

Daftar lagu yang saya pilih kali ini adalah cuma kumpulan kecil lagu-lagu dari tahun 80-an yang kebanyakan memang penyanyinya atau bandnya punya latar belakang aliran Progressive-Rock dan itu terutama pada era 70-an.  Dan Cuma segelintir 'nama-nama' saja yang saya ketahui  (yang populer) yang muncul di sepanjang tahun 80-an seperti : The  Alan Parsons Project, Yes, Camel, Marillion, Saga, Genesis, Asia, Pink Floyd, Emerson, Lake and Powell hingga para personel-nya yang bersolo karir seperti Peter Gabriel, David Gilmour, Roger Waters, Steve Howe, Jon Anderson dan sebagainya. Lagu-lagu yang saya pilih adalah lagu-lagu selera pribadi. Selain jadi favorite, lagu-lagu  merupakan nostalgia saya di masa-masa tahun 80-an :

Here Comes The Feeling - ASIA



Tom Sawyer - Rush

Heart of the Universe - Ton Scherpenzeel & Chris Rainbow
Ton Scherpenzeel  dikenal sebagai pemain keyboard  band Kayak, band yang terkenal dengan hits tahun 78-nya 'Ruthless Queen', dan sekitar awal 80-an  -bersama Chris Rainbow - namanya tercatat di line-up Band Camel, hingga kemudian  diakhir 80-an Ia bergabung bersama Earth and Fire. Chris Rainbow sendiri adalah vocalis asal scotland,    dimana kontribusi vocalnya selalu berhubungan dengan  The Alan Parsons Project, mulai dari album Eve -1979 mereka sampai ke album Gaudi - 1987, dan  Freudiana - 1990. Selain itu 'vocalnya' juga tercatat di album solo kedua Jon 'YES'  Anderson,  Song of Seven awal 80-an. Heart of the Universe  adalah lagu single  dari tahun 1984 kolaborasi antara Ton Scherpenzeel & Chris Rainbow.  Lagu ini pertama saya dengarkan dari kaset 'mix' new entry bermerk Billboard, yang saya beli sekitar tahun 1985.

Sorrow - Pink Floyd
Ini adalah lagu yang berasal dari album A Momentary Lapse of Reason - 1987, album yang dikerjakan Pink Floyd tanpa bassist Roger Water yang cabut sekitar 1985. Sebelum album ini terbit, Roger menentang keras usaha David Gilmour untuk tetap menggunakan nama Pink Flyod bagi reuni band Legendaris ini. Namun akhirnya, melalui jalur pengadilan, David Gilmour, Nick Mason serta Richard Wright dinyatakan layak menggunakan nama Pink Flyod.

Punch & Judy - Marillion
Rock gaya Fish dan Marillion dari album Fugazi di tahun 1984. Album yang mungkin dulu banyak ditunggu-tunggu oleh para penggemar band ini setelah terlebih dahulu 'terpuaskan' lewat album yang dianggap dahsyat - Script for a Jester's Tear -1983.

Old and Wise - The  Alan Parsons Project
Ballad yang satu ini cukup 'top', lirik dan musiknya sangat touchy! Berasal dari album  The  Alan Parsons Project di tahun 1982 berjudul : Eye in the Sky dan vocal dilagu ini dibawakan oleh Colin Blunstone, yang  terkenal dengan band pop-rocknya  The Zombies seputar tahun 60-an

This Is Love -Tony Banks 
This Is Love adalah epic-klasik milik Toni Banks dari album The Fugitive (1983), satu-satunya album solo yang muncul sepanjang tahun 80-an. Tony Banks  -pemain keyboard Genesis -  yang hingga akhir 80-an masih menancapkan 'nama-solonya', saat  bersama Steve Hillage membentuk band bernama Bankstatement.

Blossomtime - Esquire
Nama Esquire identik dengan sang vocalis utama Nikki Squire yang juga  mantan istri dari pemain bass Yes Chris Squire, sejauh ini Esquire tercatat sudah mengeluarkan 2 album yaitu Esquire (1987) & Coming Home (1997).  Dari kedua album tersebut saya menyukai album Esquire- 1987,  selain lagu Blossomtime, hampir semua lagu-lagunya sedap buat saya. Sejumlah nama dikatakan  terlibat dialbum Esquire- 1987 tersebut, seperti :  Chris Squire  Pat Thrall, Alan White serta Steve Topping . Member band ini sendiri terdiri dari Nigel McLaren (bass), Charles Olins (keyboards)  serta Nikki.

When the Heart Rules the Mind - GTR 
Duo gitar Steve Hackett & Steve Howe di tahun 1986 bersama Max Bacon sang vocalis. Dan lagu ini bisa juga menembus Top 20 di  Billboard Hot 100 chart.

Only Time Will Tell - Saga
Ini adalah salah satu lagu band rock Canada -Saga - yang cukup 'manis' buat saya, keluaran tahun 1987 dari album Wildest Dreams, album pertama tanpa drummer utama mereka Steve Negus, sejak enam album pertama yang terbit sebelumnya mulai  tahun 1978.

Cloack and Dagger Man - Camel
Camel dikenal dengan  permainan apik keyboard Peter Bardens & gitar Andrew Latimer di lagu Never let go  awal tahun  70-an. Dan seperti band-band progressive-rock  yang pada umumnya suka bongkar pasang pemain, Camel-pun seperti itu dalam setiap performancenya. Cloack and Dagger Man adalah lagu keluaran tahun 1984 yang berada di album Camel -Stationary Traveller, dan formasi di lagu ini menampilkan : Ton Scherpenzeel  seta Chris Rainbow pada vocal.

Brother of Mine - Anderson Bruford Wakeman Howe
Album : Anderson Bruford Wakeman Howe muncul sekitar 1989 dengan salah satu single andalan adalah lagu Brother of Mine . Info release albumABWH ini dulu sempat diberitakan oleh salah satu stasiun TV swasta di Jakarta, beserta cuplikan klip Brother of Mine yang bernuansa 'aborigin' Melihat nama-namanya? Mungkin saja kita bertanya-tanya? Apa bedanya dengan YES? Sebab mereka semua juga adalah bagian dari YES.

Out of the Blue - David Gilmour 
Out of the blue, salah satu track dari album solo  Gilmour yang kedua - About Face -1984.  Sejumlah nama terlibat di album tersebut seperti : Bob Ezrin, Jeff Porcaro, Pino Palladino, dan Steve Winwood. 'Pakem vocal'  Gilmour di Out of the Blue adalah yang khas ciri Gilmour, yang terkadang nyaris sama? Atau sulit  dibedakan dengan lagu-lagu Pink-Floyd.

Free as a Bird - Supertramp
Ingat Supertramp pastinya ingat album cadas mereka Breakfast in America dari era tahun 1979. dan sepanjang tahun 80-an Supertramp masih menunjukkan tajinya dengan mengeluarkan tiga album. Lagu Free as a Bird berasal dari album ke tiga mereka di tahun 80-an, yang juga berjudul sama yaitu Free as a Bird tahun 1987, album yang pastinya nama Roger Hodgson tak lagi kita temukan. dan Lagu Free as a Bird lumayan apik buat saya , walau terkesan ngepop tapi bernuansa ngeblues.

That Night -  Tony Banks  (Bankstatement)
Lagu cadas solo Tony Banks yang memakai nama band Bankstatement, terbit di tahun 1989. Lagu ini slow menghanyutkan, hanya saja vocalnya bukan dibawakan oleh Tony melainkan, oleh Alistair Gordon dengan latar vocal wanita : Jayney Klimek.

Standing on Higher Ground - The Alan Parsons Project 
Standing on Higher Ground berasal dari album Gaudi di tahun 1987.  Lagu yang sepintas bergaya hard-rock ini, vocalnya diisi oleh  Geoff Barradale sedangkan backing vocalnya oleh Chris Rainbow


©oleh bona/2017/image-artikel : bona / sumber data chart : wikipedia

Post a Comment for "Tembang Apik barat tahun 80-an berlatar Band-Band Progressive-Rock"

Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).