Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

Top 10 Underrated Pop Songs - Female Vocal - of 80's

Top 10 underrated Pop Songs Female vocal of 80's merupakan lagu lagu yang saya pilih kedalam kategori pop dengan latar penyayi vocal wanita dari era 80-an. Top 10  underrated Pop Songs Female vocal of 80's yang saya maksudkan lagu-lagu yang menurut pandangan saya ok banget hanya saja memang lagu-lagu tersebut kurang  populer atau langka dibincangkan. Jika saya pakai barometer Billboard Hot 100 Chart, kesemua lagu tersebut sulit untuk mencapai posisi angka 50. Satu yang jadi catatan bahwa data chart yang saya pakai bersumber dari Wikipedia, dan lagu-lagu bersifat subjektif sesuai dengan kesukaan pribadi. Berikut daftar kesepuluh lagu tersebut :

1. Good to Be Back - Natalie Cole
Lagu ini adalah favorite saya setelah 'Starting Over Again' dari album Good to Be Back- 1989.  Bicara soal album,  album  Good to Be Back- 1989  milik Natalie terbilang sukses, yang juga salah satunya melahirkan hits mancanegara  'Miss You Like Crazy'. Tapi saya selalu merasa ada yang kurang wajar? sebab lagu sekelas Good to Be Back itu sendiri belum pernah saya temukan  terdaftar di chart manapun?  apa memang mata saya yang picek?? ( Rest In Peace Natalie, wish you...to be back!)

2. Me and Me - Grace Slick 
Siapa yg tidak kenal  dengan sosok mantan Jefferson Airplane ini? Mulai dari era  -Somebody To Love- ke  'Woodstock -60-an' hingga tahun 80-an  bersama Starship,  sentuhan vocalnya membawa lagu We Built This City  & Nothing's Gonna-Stop Us Now  merajai chart atas dunia.  Namun Anehnya Me and Me single solonya yang muncul  tahun 1984,  tidak populer banget-banget (so sad...) Lagu yang  sangat apik dan 'new wave'  ini, turut serta di album solo  Grace Slick - Software  - tahun 1984 , sebuah album yang bergaya pop-synthesizer. Dan saya cuma menebak, album Grace Slick  tersebut sepertinya memang tidak heboh di pasaran.

3. Got A Hold On Me - Christine McVie 
Tidak bisa dibohongi ! Mendengar lagu ini pikiran langsung hanyut ke jaman 80-an. Got A Hold On Me bisa dibilang cukup lumayan populer. lagu yang juga berada di album kedua Christine McVie tahun 1984 dengan judul yang sama dengan namanya ini bahkan bisa sampai di urutan 10 Billboard Hot 100. Namun setelah itu apa?? Lagu ini nyaris tidak pernah terdengar lagi atau ter-ekspose panjang...? Dimasa-masa berikutnya  -Christine yang sangat ciamik sebagai pemain keyboard, vocalis, dan juga pencipta lagu dengan band Fleetwood Mac -  dalam pandangan saya mendapat porsi yang sedikit dalam pemberitaan' oleh  media ketimbang tandemnya satu group:  Stevie Nicks yang juga bersolo karir ditahun 80-an. Dan itu Mungkin saja ada pengaruhnya?  Atau memang saya yang rada kuper !!

4. Come To Me (I Am Woman)  - Frida 
Nama Anni Frid Lyngstad atau yang akrab dipanggil Frida, nama yang ditanggung-tangung topnya bersama band pop - ABBA. Sederet lagu-lagu hits mancanegara yang sudah dihasilkan band asal Swedia ini, seperti : Waterloo, Dancing Queen, The Winner Takes It All, Chiquitita, Fernando dan lain sebagainya. Tapi memang nama besar ABBA sepertinya bukan jaminan? tengok saja album studio Frida - Shine - 1984, bagi kebanyakan orang mungkin menganggap bukan sesuatu yang fantastis. Dan itu termasuk Come To Me (I Am Woman), salah satu lagu 'mellow'-nya yang bagi saya sangat kalem dan menyentuh.

5. Out of Our Hands - Samantha Fox 
Saya menyebutnya salah satu ballad pop teromantis sepanjang tahun 80-an. Aransemen lagu dari tahun 1988 ini, seperti mengandung nafas "slow-rock-ballad' di dalamnya.  Dan jika tanya sejauh mana lagu ini cukup populer dan dikenang orang? Wahh... Sulit buat saya tuk menjawabnya. Samantha Fox dikenal dengan pop dancenya, dan di tahun 1986 namanya tiba-tiba melejit dengan hits : Touch Me (I Want Your Body). Walaupun begitu, dari beberapa orang teman dari generasi 80-an yang dulu pernah iseng saya tanya : "Apakah kenal dengan Samantha Fox??", hampir semuanya menjawab : "kenal". Namun jangan salah ! Bukan menjurus ke artis penyanyi, tapi semua jawaban mengarah ke  hot-artis-model.

6. Left in the Dark -  Barbra Streisand
Pertama kali mendengarkan lagu ini dulu - dari sebuah kaset kompilasi Billboard sekitar tahun 85-an - hati saya langsung jatuh cinta. Lagu yang punya durasi cukup panjang ini punya ending yang cadas dan penuh emotional. Dan saya pikir dulu lagu ini bakal heboh setidaknya bisa masuk Top 10 Billboard Hot 100? Wow ! tebakan saya jauh meleset?  Cuma mentok di angka 50. Left in the Dark sesungguhnya pertama kali telah dinyanyikan oleh Jim Steinman tahun 1981, dan diera berikutnya di pertengahan tahun 90-an dinyanyikan kembali oleh Meat Loaf.

7. Selfish One - Diana Ross
Mengapa lagu seenak ini tidak populer sama sekali? rasanya sulit untuk 'menolak' suara Diana Ross yang khas - lembut dan berkarakter di lagu yang bernuansa pop-soul ini? Itulah dulu yang pernah terlintas dibenak saya. Selfish One salah satu track Diana di album Red Hot Rhythm & Blues  tahun 1987 , dan aslinya adalah cover hits dari tahun 60-an oleh   penyanyi soul Amerika  - Jackie Ross.  

©koleksi bon4lbum

8. Hold Me - Sheila E.
Lagu keluaran 1987 ini yahut banget, beat musik-nya dan sexy vocalnya super... Jika anda ingat spell - Deon Estus di tahun 1989, sepintas beatnya mirip dengan gaya Hold-me.  sayangnya Hold Me cuma nongkrong di urutan  68 Billboard Hot 100  (apa mau dikata..?),  dan apa yang acap kali terhubung bila berbicara tentang Shelia E di masa lampau? adalah yang tidak pernah lepas dari bayang-bayang ketenaran Prince.

9. Magic Of Love - Sheena Easton 
Magic Of Love lagu dengan sentuhan khas produser Nile Rodgers  yang masuk di album - Do You - tahun 1986, album yang tidak sepopuler album Sheena sebelumnya  A Private Heaven tahun 1984. Latar musik yang khas -sentuhan Nile- di lagu ini selalu mengingatkan saya kepada lagu Debbie Harry dari tahun 1981, dan  Notorious -  Duran-Duran tahun 1986.

10. After the Love Has Gone - Princess
Lagu ini lumayan ngedance cuma memang vocalnya rada sendu. Dari semenjak mendengarkan lagu ini dulu saya tidak pernah tahu siapa Princess? Dan saya kira ini adalah female band. Baru di jaman 'peradaban internet'  saya tau sedikit informasi tentang Princess;  seorang British singer yang punya nama kelahiran Desiree Heslop. dan lagu After the Love Has Gone adalah lagu yang terbit kira-kira sejaman dengan lagu Kate Bush -Running Up the Hill, seputar tahun 1985-an.

©artikel oleh bona /2017/image-artikel  : bona / data-chart : wikipedia / link-video : youtube 

Post a Comment for "Top 10 Underrated Pop Songs - Female Vocal - of 80's"

Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).