Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

Daftar Lagu-Lagu Pop-Rock Barat Pilihan - tahun 2000-an Vocal Wanita

Ini adalah daftar lagu-lagu barat pilihan yang saya kategorikan kedalam  pop-rock dengan para penyanyi atau vocalnya adalah wanita. Beberapa penyanyi atau band bagi saya adalah muka baru ditahun 2000-an, seperti  Florence & The Machine,  Amy Winehouse dan Phantogram. Sedangkan beberapa adalah artis adalah dari era lama seperti  Claudia Brucken era 80-an serta Chan Marshall  dan Tori Amos era 90-an. Berikut daftar lagu tersebut :

Mad About You - Geike Arnaert (Hooverphonic) – 2000
Ini adalah salah satu lagu apik dari album Hooverphonic  The Magnificent Tree di tahun 2000. Di awal mendengarkan lagu ini  latar musiknya sepintas buat saya mirip lagu blues  Feeling Good  yang biasa dicover oleh Muse.  Tapi Jika anda dengarkan versi  ‘Live at Koningin Elisabethzaal 2012 yang bisa and temukan di youtube', latar musik seperti  bernuansa lagu-lagu soundtrack tema film James Bond, dan uniknya dihampir penghujung  track versi  ‘Live tersebut’ orkestra memainkan nada-nada yang mungkin kalau saya tidak salah adalah kutipan dari Swan Lake-nya Tchaikovsky.  Hooverphonic  adalah band asal Belgia yang mulai menerbitkan album sejak  tahun 1996. Sedangkan sang vocalis adalah Geike Arnaert yang juga asli Belgia, pernah membuat pernyataan di tahun 2008 keluar dari Hooverphonic untuk bersolo karir.

Cloud 9  - Claudia Brucken (OneTwo) - 2007
Saya atau mungkin anda tidak pernah menyangka jika beberapa dari punggawa band new-wave 80-an masih aktif di tahun 2000-an. One Two adalah salah satu buktinya, band  atau yang dikatakan duo,  yang digusung oleh Claudia Brucken (Propaganda)  dan Paul Humphreys (Orchestral Manoeuvres in the Dark).  Dan lebih dari itu lagu Cloud 9  sendiri  track gitarnya diisi oleh  Martin Gore sang gitaris Depeche Mode. Lagu yang diciptakan oleh Claudia & Martin ini, Walau terkesan seperti  ‘electronic’ namun bagi saya  punya arensemen yang  nikmat, terutama jika saya dengar pada versi livenya  dimana  diawal lagu sesekali terdengar gitar masuk dan pada akhir lagu diisi oleh solo gitar dengan sayup sayup suara latar backing vocal yang merdu. Suara vocal Claudia Brucken sendiri ternyata masih menawan sampai sekarang.

Gloomy Sunday  - Heather Nova  - 2001
Gloomy Sunday  yang terdapat di album South  2001, merupakan lagu ‘Hungarian Suicide Song’ diciptakan pianist & composer asal Hungaria Rezso Seress sekitar tahun 1933. Dan mungkin saja lagu ini jadi makin populer semenjak dibawakan oleh Billie Holiday ditahun 1941, dan sejak itu banyak artis yang mengcover lagu tersebut termasuk  Elvis Costello  dan Sinéad O'Connor.  Lagu suram ini dibawakan Heather agak lumayan ngebeat, nyaris model gaya Glory Box milik Portishead tahun 1994. Setahu saya, Heather Nova jarang membawakan lagu dengan musik semacam ‘Gloomy Sunday ‘, kebanyakan lagu-lagunya bergaya folk/indie rock, semacam hitsnya Island dari tahun 90-an. Ditahun 2005 Heather tampil dengan album Redbird, dan salah satu lagunya yang memukau adalah cover dari Chris Isaak yang berjudul Wicked Game.

Girl With One Eye -  Florence Welch (Florence & The Machine) - 2009
Girl with one eye berasal dari album perdana  Florence & The Machine berjudul Lungs tahun 2009. Walau perdana album tersebut ternyata bisa nembus no 2 di UK Albums Chart. Lagu-lagu dari album tersebut sangat variatif yang mungkin bisa dibilang lebih dari sekedar rock-indie semata. Dan salah satu yang sangat ekspresif  buat saya adalah Girl With One Eye dengan sentuhan gitar yang rada ngeblues yang berimbang dengan  vocal Florence Welch yang unik.

Nicest Thing - Kate Nash - 2007
Kate Nash  asal Inggris oleh banyak pengamat lebih digolongkan kedalam indie ketimbang folk.  Dan dalam ajang 2008 Brit Awards, Kate menyabet gelar  Best British Female Artist bersaing  dengan beberapa artis ternama masa kini seperti PJ Harvey dan Natasha Khan atau Bat For Lashes.  Lagu Nicest Thing berasal dari debut albumnya yang pertama Made of Bricks di tahun 2007. Gaya vocal Kate di lagu ini seperti mengingatkan pada lagu lagu milik Tracy Chapman.   Jika sekarang ini kita menyimak intro diawal lagu dan beberapa detik sesudahnya, nyaris pikiran kita seperti mau berbelok ke lagu The Cure- Love song versi Adele di tahun 2011.

Godspeed - Cerys Matthews (Catatonia) - 2001
Musik dan vocal Cerys Matthews di lagu ini sangat kelabu dan klasik banget, Catatonia terdengar bergaya britpop ataupun pada latar suara ‘instrument tertentu’ seperti  membawa suasana ke era Strawberry Fields Forever -The Beatles era tahun 76-an. Godspeed  berada pada album Paper Scissors Stone  yang direalese tahun 2001 tahun dimana Cerys Matthews  masuk drug rehabilitation (for drinking and smoking ).  Bagaimana kabar Cerys dan band asal wales sekarang ini?  apakah mereka benar benar bubar atau? mungkin anda tahu jawabannya.

Sleep Alone - Natasha Khan (Bat For Lashes)  - 2009
Sleep Alone tercatat dalam album Two Suns  2009, album yang bisa menembus posisi 5 di UK Albums Chart . Natasha Khan atau yang dikenal Bat For Lashes  tercatat sebagai artis multi instrument  yang di tahun 2008  ikut ambil bagian dalam sebuah album kompilasi, sebuah tribute untuk band The Cure -  Perfect as Cats, dengan membawakan lagu A Forest.

When I'm Small - Sarah Barthel (Phantogram ) – 2009
Phantogram  adalah duo asal New York yang  terdiri dari Sarah Barthel dan Josh Carter. Kemunculan duo ini di akhir tahun 2000-an sangat memikat  dan menjanjikan sekali.   When I'm Small adalah berbasis ‘electronic’ namun buat saya terasa lebih ngerock ketimbang ngedance, dan vocal Sarah sangat sensual sekali.

The Art of Suicide - Emilie Autumn - 2006
The Art of Suicide adalah satu-satunya favorite saya, yang direlease tahun 2006 dari album Opheliac. Emilie Autumn dikenal sebagai penyanyi juga violinist. Dalam urusan mencipta lagu lirik yang diciptakan mungkin lebih dari sekedar puisi biasa. Lagu-lagu Emilie buat saya seperti 'campur-sari', kadang terdengar seperti musik-klasik ataupun kabaret hingga hip-hop & electronic bahkan hard-rock. Dengan performance yang condong ke glam-rock dan teatrikal, musik sepertinya 'ramai' sekali, sebab musik tidak lagi sekedar urusan telinga semata tapi gerak tubuh penyanyi jadi perhatian penting, dan sepantasnya mendengarkan lagu-lagu Emilie Autumn adalah dalam bentuk video live performance bukan Mp3 atau sejenisnya.

How Soon Is Now?  - t.A.T.u.  - 2002 
Saya selalu beranggapan bahwa duo Rusia ini (Lena Katina & Julia Volkova) berada di wiliyah Hip-hop atau semacam pop-dance semata, dan tak pernah menyangka bahwa mereka ternyata membawakan lagu The Smiths  era 80an - How Soon is now?.  Lagu tersebut  berada pada album mereka ‘200 km/h in the Wrong Lane’ dari tahun 2002, dan saya pikir cover ini lumayan Ok dan ngerock, meskipun aransemen musiknya tidak jauh berbeda dengan yang asli.

October Song - Amy Winehouse -  2003
Lagu ini terbilang apik sekali, kalo dalam istilah awam sering dibilang ‘miring-miring’, banyak nuansa bisa dirasakan seperti soul, funk atau sepintas seperti menjurus  ke ‘acid’.  Ini adalah lagu dari debut albumnya Frank ditahun 2003. Amy masih sempat menerbitkan album ke dua Back to Black di tahun 2006, namun  setelah itu Amy  pergi  meninggalkan dunia ini tuk slama-lamanya,  dan itu terjadi pada tanggal 23 July 2011. Apakah yang menyebabkan kepergiannya? o-d-kah??  rest in peace Amy !

Metal Heart - Cat Power - 2008
Lagu ini bernuansa slow folk-rock , agak ngeblues dan emosional sekali,  yang menurut saya mirip seperti gaya permainan Fiona Apple. Cat Power atau yang akrab disebut  Chan Marshall  penyanyi yang cukup lumayan jadul dan pastinya sexy. Beberapa album telah terbit sejak pertengahan tahun 90-an dan 'Metal Heart' sendiri sebenarnya berasal dari album Moon Pix – 1998 yang kemudian muncul kembali di tahun 2008 dalam Album Jukebox.  Dalam beberapa catatan media dipertengahan tahun 2000-an, Chan atau Cat dikatakan punya persoalan berat dengan masalah kecanduan alkohol dan dikabarkan beberapa kali melakukan usaha bunuh diri.

Taxi Ride - Tori Amos – 2002
Taxi Ride berasal dari album Tori Scarlet's Walk – 2002. Andai saja ada yang bertanya kepada saya tiga album terbaik yang dimiliki Tori sejak 90-an hingga 2000-an, saya pastinya akan menjawab  Scarlet's Walk adalah salah satunya.

Tori Amos Scarlet's Walk©koleksi kaset pribadi/bona 

Just Missed The Train - Danielle Brisebois – 2006
Ini adalah lagu yang pernah muncul di album perdana Danielle Arrive All over You 1994, yang kemudian kembali muncul di album kompilasi-2006 dengan judul album yang sama dengan title lagu tersebut. Danielle Brisebois yang lahir tahun 1969, selain jadi penyanyi  ternyata punya banyak pengalaman dalam dunia musik dan film. Selain pernah membintangi  beberapa  film & seri televisi, Danielle juga dikenal sebagai pencipta lagu, dan salah satu lagu kontribusinya adalah hits lagu tahun 2004 – Unwritten yang dinyanyikan oleh Natasha Bedingfield. Danielle juga tercatat sebagai  anggota band New radical yang mungkin tidak banyak terekspose, dan lebih sering terlihat sebagai penyanyi latar dan pemain perkusi.

Stranded  - Plumb  - 1999
Lagu milik Tifanny Arbuckle yang punya nama panggung Plump dari album candycoatedwaterdrops dipenghujung tahun 90-an. Stranded semacam model lagu pop-rock yang familiar sekali, seperti langsung akrab ditelinga. Lagu ini semakin populer mana kala Jennifer Paige di tahun 2001 mengcovernya dengan lantunan yang sedikit lebih ‘soft’ dari aslinya.

©bona/Desember-2017/image-artikel : bona/ sumber artikel : wikipedia dan internet
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).