Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Rock Barat Apik Penyanyi Wanita era Tahun 80-an

Postingan ini menyambung artikel terdahulu yang berjudul 10 Lagu Rock Barat Cadas Penyanyi Wanita era Tahun 70-an, dan kali ini adalah lagu-lagu yang dipilih berasal dari era 80-an. Buat saya  rasa 'mood rock 70-an' berbeda sekali dengan tahun 80-an. Bicara tentang 'female vocal', wilayah new wave menyajikan wajah musik yang jauh berbeda dengan gaya klasik rock 70-an. Kita perhatikan saja nama-nama seperti Linda Bloemhard (MO), Nena, Anne Clark, Terri Nunn (Berlin), Alison Moyet (Yazoo), Claudia Brücken (Propaganda) dan lain sebagainya hingga dengan Susan Janet Ballion of Siouxsie and the Banshees yang bergaya gothic-post-punk. Namun tidak semuanya berada pada jalur 'new-wave' tersebut, kita masih menemukan Chrissie Hynde (The Pretenders), Bonnie Tyler, Lene Lovich , The Go-Go's, Vixen, Fiona, Nina Hagen, The Bangles, Heart dan para pentolan The Runaways, dan juga termasuk  sosok yang buat banyak orang suaranya dianggap sangat ngerock sekali Tina Turner. Berikut dibawah ini adalah 10 daftar lagu rock barat vokal wanita dari era tahun 80-an yang saya favoritekan:

1. The Vow - Toyah Willcox (Toyah)
Anda anda masih ingat ekspresi dandanan gaya Toyah Willcox di tahun 80-an, apa yang menjadi anggapan di masa itu? punk-kah? Rebel-kah? atau pendapat sebagian penggemarnya yang menyebut dengan istilah avant-garde? The Vow lagu - berasal dari album  Love Is the Law-1983 - yang berbeda dari kebanyakan lagu-lagu Toyah. Dibeberapa  nada tertentu  secara perlahan 'sayup' seakan
menggiring suasana ke Stairway to Heaven - Led Zeppelin atau The House of the Rising Sun -The Animals. Walau begitu, ini adalah ballad teromantis dari semua lagu-lagu yang dinyanyikan Toyah Wilcox.

2. Sweet Dreams (Are Made of This) -  Annie Lennox (Eurythmics)
Ini lagu yang sangat populer, dan bisa dibilang merajai chart atas UK, US dan eropa dimasa itu. Lagu yang berasal daritahun 83-an ini seperti sebuah momentum, intro-nya tidak bisa disangkal  'Eurythmics-punya',  dan selalu membawa rasa ke dalam suasana new-wave.

3. Thing Called Love - Bonnie Raitt
Thing Called Love muncul diakhir tahun 80-an dari album -Nick of Time dan Bonnie Raitt sendiri yang memainkan slide gitarnya. Jujur saja, susah menemukan lagu seperti Thing Called Love ini disepanjang tahun 80-an, dengan style ngerock dan ngeblues.

4. Cloudbusting - Kate Bush
Sepanjang tahun 80-an, Kate Bush selalu tampil memukau. Dan hingga tahun 1985 kate telah menerbitkan 5 album, Cloudbusting berasal dari album kelima Kate :  Hounds of Love. Bergaya 'inggris'  tulen Dan lagu ini buat saya sangat artistik.

5. Gypsy - Stevie Nicks  (Fleetwood Mac)
'Oriental' ! Itulah kesan pertama dulu  pertama mendengarkan lagu ini,  dan lantunan musiknya langsung renyah ditelinga, beberapa kali mendengarnya kemudian saya merasakan nuansa folk di dalamnya. Gypsy ditulis oleh Stevie Nicks sendiri  dan dimuat pada album Fleetwood Mac - Mirage - di tahun 1982.

6. Surrender - Debbie Harry
Surrender berasal dari debut album solo  Debbie berjudul KooKoo di tahun 81.  Lagu ini 'ditukangi' oleh dedengkot band  Chic :  Nile Rodgers dan Bernard Edwards, dan memang sepertinya tidak sulit untuk menebak,  permainan bass dan rhythm gitar dilagu ini nge-funk.

©koleksi bon4lbum

7. Crimson and Clover -  Joan Jett & The Blackhearts
Aslinya lagu ini adalah milik band pop rock  di tahun 1968 Tommy James and the Shondells dan berada  di album studio ke-2 Joan Jett - I Love Rock 'n Roll - di tahun 1981, album yang untuk pertama kalinya dia tampil bersama band pendukung The Blackhearts.

8. Love is - Alannah Myles
Alannah Myles, rocker asal Kanada yang  dikenal lebih dahulu  lewat Lagu Black Velvet. dan bersama  dengan lagu Love is - keduanya- ada dalam daftar album pertama Alannah Myles  tahun 1989 yang bertitle sama dengan namanya. Berbeda dengan Black velvet yang rada ngeblues, Love is agak ngefunk, dengan rhythm gitar seperti gaya permainan INXS - 87.

9. The Best Man In The World  - Ann Wilson 
Lagu ini adalah single Ann Wilson  yang juga salah satu soundtrack lagu  film The Golden Child - 1986. walaupun musiknya ditukangi komposer film ternama John Barry, tetapi lagu ini tetap bercorak 'rock heart-80-an'

10. You Keep Me Hangin' On - Kim Wilde
'Magic' atau daya pikat lagu ini mungkin tak lagi perlu diragukan. Lagu yang pertama kali dilambungkan oleh The Supremes sekitar akhir tahun 1966 ini, sering kali dicover oleh para musisi ternama, mulai dari Aretha Franklin, Rod Stewart,  Vanilla Fudge, Reba McEntire bahkan Phil Collins pun melakukannya. Kim Wilde membawakannya di tahun 1986 yang juga bagian dari album studio ke limanya - Another Step. Dengan musik - menurut saya -  gaya  'rock-nya synthpop-80-an' ini-  saya  tak pernah bosan tuk selalu mengunjungi  'Kim Wilde'

©bona/2015-1017/image-artikel : bona
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).