Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

10 Lagu Rock Barat Apik Penyanyi Wanita era Tahun 90-an

Siapakah penyanyi rock wanita favorite anda dari era 90-an? Buat saya -yang menghabiskan masa remaja di tahun 80-an- tentunya tidak pernah membayangkan sebelumnya, bahwa dunia alternative di tahun 90-an banyak menyuguhkan ragam pilihan. Mulai dari suara dan bunyi-bunyian Bjork yang fenomenal, kemudian gaya 'sexy-folk' dari Jewel diawal kemunculannya, lalu sensasi Irish-rock vocal Dolores O'Riordan dari The Cranberries, jingkrak punk-ska ala Gwen "No Doubt" Stefani, hingga panggung grunge, punk-rock dan hardrock yang digusung oleh artis atau band seperti PJ Harvey, Hole, Sleater-Kinney atau L7. Beberapa nama lain yang juga menjadi  'bagian'  90-an adalah seperti Marie Fredriksson (Roxette), Meredith Brooks, Juliana Hatfield, Natalie Imbruglia, Alanis Morissette, Suzanne Vega, Leigh Nash (Sixpence None the Richer),  Beth 'Portishead' Gibbons dan tentunya masih banyak lagi yang lain.  Berikut dibawah ini adalah daftar 10 Lagu Rock Barat Apik Penyanyi Wanita era Tahun 90-an, dan pastinya sesuai dengan selera pribadi :

1. Shadowboxer - Fiona Apple 
Mungkin usia fiona belum lagi 20 tahun saat lagu ciptaaanya ini  - Shadowboxer - muncul di tahun 1996. Shadowboxer berada pada album perdana Fiona yang berjudul Tidal Lagu ini 'merdu' sekali bergaya 'blues klasik'  semacam model 'Feeling Good'  karya  Anthony Newley and Leslie Bricusse di tahun 1964, perpaduan dengan vocal Fiona yang bagi saya alternative-rock.

2. Long Snake Moan - PJ Harvey
PJ Harvey adalah nama yang kurang saya perhatikan di tahun 90-an, mendengarkan-'nya' adalah di awal tahun 2000-an dimulai  pasca lagu This Mess We're In duet bersama Thom Yorke. Sepanjang tahun 90-an lagu-lagu PJ bernuansa aneka ragam aliran : alternative-rock, punk, blues, grunge hingga electronic. Long Snake Moan adalah satu yang paling saya sukai,  berasal dari album To Bring You My Love di tahun 1995, lagu ini full energi dengan 'latar'  yang mengingatkan saya  akan  Bullet the Blue Sky milik U2 pertengatahan 80-an.

3. Army of Me - Bjork
Bjork termasuk sosok 'unik' di era alternative 90-an, dan lebih dikenal sejak bersolo karir ketimbang bersama band alternative-rocknya  The Sugarcubes di pertengahan 80-an. Dan Army of Me merupakan salah satu lagu cadas  milik solo Bjork yang direlease tahun 1995. Lagu ini kemudian menjadi semacam trade-mark yang hanya cocok di cover dengan nuansa rock atau metal, dan itu terbukti sejumlah nama seperti Klone, Proghma-C & Helmet telah melakukannya.

©koleksi bon4lbum

4. Success Has Made A Failure Of Our Home - Sinéad O'Connor 
Siapa tidak kenal dengan penyanyi yang tersohor dengan kepala plontos dan lagu populer Nothing Compares 2U awal 90-an. Di tahun 1992 Sinéad O'Connor mendaur ulang lagu yang berasal dari penyanyi country Loretta Lynn  di awal tahun 60-an, berjudul  'Success'  tanpa ada tambahan kalimat 'Has Made A Failure Of Our Home'. dan versi Sinead  berstandard jazz-blues tune dan dengan ending yang emotional, sebagaimana ciri khas dia yang selalu bernyanyi dengan  penuh penghayatan.

5. God - Tori Amos 
Berhadapan dengan selera indie-rock & britpop di tahun 90-an, Tori menampilkan sisi yang lumayan berbeda. Penyanyi yang oleh banyak media selalu dihubungkan dengan 'Kate Bush' ini selalu menampilkan musik yang sarat dengan 'bunyi-bunyian piano' dikebanyakan lagu-lagunya. Lagu God berasal dari album Under the Pink tahun 1994 dan intro gitarnya di awal lagu sepintas mirip sound gitar di akhir lagu Go to Sleep milik Radiohead tahun 2003.

6. Violet -  Courtney Love (Hole) 
Para penggemar sejati Nirvana pastinya tahu persis siapa Courtney Love?  Lagu Violet ini berasal dari album Hole - Live Through This  - 1994 , tahun  wafatnya Kurt Cobain. mendengarkan Violet sepertinya selalu menyita perhatian kepada moment kejayaan Kurt dengan flannel, grunge dan Nirvana-nya.

7. Tunic (Song for Karen) -  Kim Gordon (Sonic Youth)
Sulit membayangkan Sonic Youth tidak terlalu terkenal? Padahal jika ngomong sektor indi-rock atau alternative-rock atau grunge, band ini telah malang melintang, bahkan jauh sebelumnya yaitu sekitar awal tahun 80-an.  dan sampai dengan tahun 2000 band asal Amerika ini telah mengeluarkan sekitar lebih dari 10 album. sedangkan lagu Tunic berasal dari album Goo di tahun 1990, yang vocalnya diisi oleh Kim Gordon yang juga jadi bassist. Lagu ini diciptakan oleh Kim sendiri yang 'konon katanya' ditujukan untuk Karen Anne Carpenter sang vocalist & drummer The Carpenters.

8. Stupid Girl - Shirley Manson (Garbage)
Berasal dari debut Album Garbage ditahun 1995, dan sengan Suara plus style shirley yang 'rebel-sexy' juga  gitar yang ngegrunge -Stupid Girl &  Shirley Manson-  seperti layaknya simbol alternative-rock 90-an.

9. Stuck Here Again - Suzi Gardner (L7)
Anda kenal L7 ? band female asal Los Angeles yang masuk wilayah hard-rock? namun jika mendengar lagu-lagu mereka yang berasal dari awal 90-an, kadang kita tidak 'percaya'? nyaris menjurus ke metal. Stuck Here Again adalah sedikit berbeda, bergaya ballad dengan tempo sedang dengan melody ngeblues. Track ini berasal dari album Hungry for Stink di tahun 1994 dengan vocal diisi oleh Suzi Gardner yang juga sang gitaris.

10. Paralyzed - Nina Persson (The Cardigans)
Masih ingat Band asal Swedia ini? Di tahun 1996 mereka menjadi band yang populer via lagu Love fools. Dari album yang sama di tahun 1996 Band ini juga pernah mengcover Iron Man-nya Black Sabbath  dengan style berbeda dengan nafas vocal Nina yang 'indie-pop'. Namun yang menjadi andalan saya adalah lagu Paralyzed dari album Gran Turismo di tahun 1998. Lagu ini punya kesan suram dengan latar gitar model electronic-rock.

©bona/2016-1017/image-artikel : bona
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).