Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Featured Sale

Lagu Barat Tema Natal (Christmas Songs) dari Era Tahun 80-an

Ini adalah daftar 10 lagu barat tema natal atau christmas songs dari era tahun 80-an, yang mungkin terlupakan oleh sebagian orang para penggemar khusus agu -lagu tema natal 80-an. Sebagai catatan lagu-lagu yang dipilih bukanlah lagu-lagu 'christmas songs populer' yang sering dicover oleh banyak penyanyi seperti : I'll Be Home for Christmas atau The Christmas Song (Chestnuts Roasting On An Open Fire) ataupun white christmas, dan juga bukan cover yang berasal  dari tradisional (christmas carol) semacam : Silent Night, O Come All Ye Faithful, Angel We have heard on high dan lain sebagainya, melainkan agu-lagu yang memang hampir semuanya produk 80-an,  diciptakan oleh sang penyanyi atau bandnya sendiri yang juga jadi hits nostalgia bulan desember disepanjang tahun 80-an. Berikut daftar lagu-lagu tersebut, salam musik ! have fun and have a wonderful christmas time to you :

1. Wonderful Christmastime - Paul McCartney : Lagu ini tercatat keluaran tahun 1979. namun saya baru mendengarnya di era tahun 1985 dari sebuah kaset album Christmas Kompilasi. Dan pada sebuah film animasi 'natal' - Rudolph the Red-Nosed Reindeer tahun 1998 - lagu ini  turut ambil bagian, walaupun cuma berdurasi sekitar hampir 2 menit.

2. Christmas Time Is Here - Ray Parker Jr. 
Tak tahu pastinya kapan lagu ini muncul pertama kali? mungkin ditahun 1982? jujur saja, ini adalah Lagu Ray Parker Jr. kedua yang saya tahu setelah Ghostbusters.

3. Cold as Christmas (In the Middle of the Year) - Elton John 
Lagu ini ditulis oleh Elton John, dari album tahun 1983 yang bernama Too Low for Zero. Album yang terbilang lumayan sukses, mendapatkan mendapatkan certificate-platinum dari RIAA & British Phonographic Industry.  Album tersebut juga berisi satu ballad romantis terkenal Elton John yang berjudul  : I Guess That's Why They Call It the Blues.

4. Another Lonely Christmas - Prince & The Revolution 
Single sedih milik Prince & The Revolution  dari tahun 1984, yang  diciptakan oleh Prince yang mungkin juga bersama-sama dengan The Revolution. Lagu yang serasa mix genre ini (rock/blues/funk/R&B), dikatakan berkisah tentang kesedihan seorang pria yang berkabung sebab kekasihnya meninggal (akibat pneumonia) tepat di Hari Natal.

5. Last Christmas - Wham ! 
Ini mungkin satu 'lagu' yang paling familiar buat kebanyakan orang, sebagaimana lagu-lagu  Wham! yang Lain yang dirasakan  mewakili nostalgia 80-an. Last Christmas muncul sekitar 1984-1985, diciptakan oleh George Michael dan rata-rata mampu menembus Top 5 di chart tangga-tangga lagu Eropa. Di tahun 2007, Taylor Swift sempat mengcover lagu ini, dengan nuansa power-pop.

6. Thank God It's Christmas  - Queen
Ditulis oleh sang gitaris Brian May dan sang drummer Roger Taylor  yang beredar seputar  tahun 1984 -1985. Lagu yang sangat klasik dan bergaya Queen ini, cuma mampu mencapai posisi 21 di UK Singles Chart.

7. Do They Know It's Christmas? - Band Aid
Do They Know It's Christmas? diciptakan oleh Bob Geldof dan pentolan Ultravox : Midge Ure,  yang memang ditujukan untuk menggalang dana kemanusiaan bagi upaya menanggulangi  wabah kelaparan yang melanda Ethopia (1983–1985). Lagu yang mengatas-namakan Band amal ini, melibatkan lebih dari sekitar 30-an personel top masa itu, yang rata-rata kebanyakan adalah musisi Inggris dan Irlandia. Adalah Paul Young  yang menjadi vocal pembuka dilagu ini, yang kemudian dilanjutkan oleh Boy George, George Michael dan seterusnya...

8. Christmas Time - Bryan Adams  
Lagu ini beredar sekitar tahun 1985 , ditulis oleh Bryan Adams bersama penulis lagu yang juga asal kanada Jim Vallance. Lagu ini khas dengan style rock Bryan Adams, dan seperti menjadi sebuah trade-mark, satu-satunya lagu bertema christmas yang diakui 'milik'  Bryan Adams.

9. Christmas Time - First Cut  
Christmas Time - First Cut mungkin lagu yang tidak sepopuler sebagaimana lagu-lagu yang lain diatas. Tapi seingat saya dulu lagu ini pernah jadi jawara di sebuah station radio swasta terkenal di Jakarta sekitar tahun 1986-an. First Cut sendiri  adalah duo band Synth-pop asal Hamburg - Germany yang beranggotakan Frank Sousoune & Thomas Niclous. Secara 'official' lagu ini mungkin sulit ditemukan, tapi anda masih dapat mendengarkannya di youtube.

10. All Join Hands - Slade 
rasanya dulu masih belum lagi selesai dengan 'my oh my' tapi kemudian segera muncul lagu slade yang lain - All Join Hands, dan itu masa-masa 1984 hingga 1985. Lagu yang bertema 'new-year' ini di karang oleh sang vocalist Noddy Holder dan  bassist Jim Lea.

©oleh bona/2016/image-artikel : bona
Try Apple News
Product Cover look inside Easy Jazz Classics - Piano Easy Jazz Ensemble Series. Collection, Jazz. Part book. 56 pages. Published by Hal Leonard (HL.8050049).